Tautan-tautan Akses

Jokowi-Ma’ruf Unggul di Washington DC dan New York


Proses perhitungan surat suara di KBRI Washington DC, Rabu (17/4).
Proses perhitungan surat suara di KBRI Washington DC, Rabu (17/4).

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul dalam penghitungan suara di ibukota Washington DC dan New York, baik untuk surat suara yang dikirim melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS.

Dalam penghitungan suara di KBRI Washington DC, Rabu siang (17/4), Jokowi-Ma’ruf meraih 1.113 suara, sementara Prabowo-Sandiaga meraih 352 suara. Selain itu terdapat 70 suara yang dinyatakan tidak sah.

Saksi dari kedua pasangan capres-cawapres, panitia pengawas dan panitia pelaksana beberapa kali harus maju untuk memastikan bahwa surat suara memang benar-benar sah atau tidak sah. Seratusan warga negara Indonesia yang ikut hadir menyaksikan langsung jalannya proses penghitungan suara juga tidak segan-segan memperingatkan jika ada hal yang tidak jelas. Sebuah lampu sorot sangat terang digunakan untuk memastikan surat suara yang dicoblos dengan benar atau tidak, sah atau tidak.

Ada Surat Suara yang Ditulisi “I Love You”

Surat suara dinyatakan tidak sah karena sama sekali tidak dicoblos atau bahkan dicoblos pada kedua pasangan sekaligus, dicoblos di luar kotak yang berisi foto dan keterangan nama kedua pasangan capres-cawapres, dicoblos hingga bolong, dicontreng bukan dicoblos, atau bahkan ditulisi kata-kata. Ada beberapa surat suara misalnya yang ditulisi kata “I love you” di salah satu pasangan capres-cawapres.

Ketua PPLN Washington DC Andang Purnama mengatakan meskipun jumlah pemilih masih di bawah 50 persen tetapi jauh lebih baik dibanding tahun 2014 lalu.

Ketua PPLN Andang Purnama dan perwakilan/saksi partai-partai dalam perhitungan di KBRI Washington DC, Rabu (17/4).
Ketua PPLN Andang Purnama dan perwakilan/saksi partai-partai dalam perhitungan di KBRI Washington DC, Rabu (17/4).

“Jumlah orang yang memilih tahun ini mencapai 45,2% jauh lebih baik dibanding tahun 2014 lalu yang mencapai 31,3%,” ujar Andang ketika membuka proses penghitungan suara.

Tabel Hasil Penghitungan Suara di Washington DC

JOKOWI-MA’RUF

PRABOWO-SANDIAGA

TIDAK SAH

TPS

683

236

38

POS

430

116

32

Jokowi-Ma’ruf Unggul Sementara di New York

Pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf juga unggul di New York. Namun surat suara yang dihitung baru yang datang langsung ke TPS. Mereka umumnya warga negara Indonesia yang tinggal di negara bagian di dekat wilayah kerja PPLN New York, seperti New Jersey, Connecticut, Pennsylvania dan Delaware.

Sementara sekitar seribu dari sepuluh ribu surat suara melalui pos yang berasal dari 13 negara bagian yang berada di PPLN New York baru akan dibuka dan dihitung Rabu malam. Lainnya akan dilanjutkan pada Kamis pagi. Tiga belas negara bagian yang berada di bawah naungan PPLN New York itu mencakup antara lain New York, New Jersey, Delaware, Pennsylvania, Connecticut, Maine, South Carolina dan West Virginia.

Dalam penghitungan surat suara yang dicoblos di TPS di PPLN New York itu, pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf meraih 823 suara, sementara Prabowo-Sandiaga meraih 175 suara. Jumlah suara tidak sah mencapai 34 orang. (em)

Tabel Hasil Penghitungan Suara Sementara di New York

JOKOWI-MA’RUF

PRABOWO-SANDIAGA

TIDAK SAH

TPS-1

406

87

12

TPS-2

417

88

21

XS
SM
MD
LG