Tautan-tautan Akses

Jerman Usir Dua Diplomat Rusia


Warga membawa jenazah Zelimkhan Khangoshvili seorang Muslim warga Georgia yang tewas ditembak, dalam pemakaman di Duisi, Pankisi Gorge, Georgia, 28 Agustus 2019 lalu.

Pemerintah Jerman mengusir dua orang diplomat Rusia, dan jaksa-jaksa penuntut umum sedang menyelidiki kasus pembunuhan seorang warga Georgia keturunan Chechnya di Berlin atas tuduhan terlibat dengan kegiatan pro-Rusia.

Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan hari Rabu (4/12) bahwa dua orang pegawai kedutaan Rusia di Berlin “dianggap sebagai persona non grata atau orang yang tidak disukai, sesuai dengan Pasal 9 Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik.

Zelimkhan Khangoshvili, yang pernah berjuang membantu kelompok separatis di Chechnya bagian Rusia, ditembak mati di sebuah Taman di Berlin tanggal 23 Agustus. Seorang warga Rusia yang dicurigai melakukan pembunuhan itu ditangkap tidak lama kemudian.

Kementerian LN Rusia menyebut keputusan Jerman mengusir kedua diplomat itu tindakan tidak berdasar dan tidak bersahabat, dan bahwa Rusia akan mengambil tindakan balasan.

Banyak komentator melihat adanya persamaan antara pembunuhan Khangoshvili dengan usaha pembunuhan atas bekas mata-mata Rusia Sergei Skripal di Inggris oleh agen-agen Rusia. Rusia membantah keterlibatan dalam kedua insiden pembunuhan itu. (ii/em)

Recommended

XS
SM
MD
LG