Tautan-tautan Akses

Jenderal Senior Somalia Tewas Ditembak di Mogadishu


Seorang anggota angkatan bersenjata Somalia membawa amunisi dalam pertempuran antara militer dan pasukan intelijen yang didukung polisi di distrik Dayniile,Mogadishu, Somalia, 16 September 2017. (Foto:Dok)

Seorang perwira senior militer Somalia ditembak di Mogadishu Minggu malam (24/9), sumber-sumber keamanan mengatakan kepada VOA.

Beberapa pria bersenjatakan pistol menembak Jenderal Abdullahi Mohamed Sheikh Qururuh dan seorang pengawal hingga tewas, saat keduanya berjalan pulang dari masjid di ibukota Somalia, ujar saksi mata.

Penyerang berjalan melewati Jenderal Qururuh dan pengawal, kemudian berbalik dan menembak mereka dari belakang, sumber-sumber mengutip saksi mata. Kedua korban tewas di tempat.

Qururuh adalah perwira senior militer di markas komando dan kendali Somalia di Mogadishu. Ia sebelumnya menjabat wakil komandan logistik untuk tentara Somalia.

Belum ada klaim tanggung jawab atas pembunuhan itu. Militan Al-Shabab diyakini terlibat dalam sebagian besar serangan terhadap pejabat pemerintah.

Dalam insiden terpisah Minggu malam, dua tentara pemerintah dan seorang warga sipil tewas dalam serangan Al-Shabab di wilayah Puntland, Somalia, kata saksi mata.

Pejabat rumah sakit di Bosaso mengukuhkan kepada VOA, mereka telah menerima mayat dua tentara dan satu perempuan menyusul serangan di Dataran Tinggi Galgala, 40 kilometer selatan Bosaso, pusat komersial regional. Menurut sumber-sumber, lima tentara lain terluka.

Militan Al-Shabab mengakui melakukan serangan itu, yang menarget kendaraan militer yang mengangkut tentara ke pangkalan Puntland di Dataran Tinggi Galgala. [ka]

XS
SM
MD
LG