Tautan-tautan Akses

Jenderal AS Serukan Kekuatan Lebih Besar Untuk Tangkal Rusia


Komandan Komando AS Eropa, Jenderal AD Curtis Scaparrotti, berbicara dalam rapat dengar pendapat dengan Komite Angkatan Bersenjata DPR AS di Washington, 8 Maret 2018.

Amerika Serikat membutuhkan kekuatan militer yang lebih banyak dan fokus untuk melawan agresi Rusia yang semakin meningkat di seluruh Eropa dan sekitarnya. Hal ini disampaikan Panglima Tertinggi NATO Jenderal Curtis Scaparrotti di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat, Selasa (5/3).

Ia juga menyebut Rusia sebagai ancaman utama terhadap stabilitas di Eropa dan merekomendasikan peningkatan jumlah pasukan tentara Amerika untuk ditempatkan di benua itu secara permanen maupun dengan mekanisme rotasi.

Kapal perusak misil AS, USS Truxtun, memasuki pelabuhan Varna di Laut Hitam, Bulgaria, 13 Maret 2014.
Kapal perusak misil AS, USS Truxtun, memasuki pelabuhan Varna di Laut Hitam, Bulgaria, 13 Maret 2014.

Scaparrotti mengatakan ia sangat prihatin dengan kurangnya kapabilitas intelijen dan pengawasan, serta menyusutnya kemampuan di laut lepas.

“Saya sudah meminta dua kapal perusak lagi,” ujar Scaparrotti kepada anggota-anggota Kongres, dan menambahkan kebutuhan tambahan kapal-kapal itu sangat penting “jika kita ingin tetap dominan di dunia maritim.”

“Kami memang membutuhkan kapasitas yang lebih besar, terutama mengingat modernisasi dan pertumbuhan armada Rusia di Eropa," ujarnya, merujuk pada meningkatnya keprihatinan atas kehadiran kapal-kapal selam Rusia di perairan Eropa dan internasional.

Scaparrotti bukan pejabat tinggi pertama Amerika yang menyampaikan keprihatinan tentang apa yang oleh banyak pihak dilihat sebagai peningkatan postur Rusia yang lebih agresif. [em]

XS
SM
MD
LG