Tautan-tautan Akses

Jenazah Korban Letusan Gunung Berapi di Selandia Baru Diserahkan ke Keluarga


Seorang petugas polisi dan seorang pria melakukan ritual Hongi setelah upacara "Karakia", yang dihadiri perwakilan Ngati Awa dan kerabat korban letusan gunung berapi, di rumah Mataatua Marae, Whakatane, Selandia Baru, 12 Desember 2019.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, Jumat (14/12), mengatakan setelah para spesialis menemukan enam jenazah korban letusan gunung berapi di Pulau Putih, misinya adalah mengembalikan jenazah-jenazah itu kepada keluarga dan kerabatnya.

Gunung berapi di Pulau Putih meletus awal pekan ini.

"Kami tahu, tidak akan meringankan rasa kehilangan, penderitaan,karena tidak ada yang bisa melakukannya. Namun, sebagai warga Selandia Baru, kami merasa punya kewajiban yang sangat besar untuk membawa pulang orang-orang yang mereka cintai," kata Ardern kepada wartawan di Whakatane.

Para dokter juga terus bekerja untuk menyelamatkan puluhan korban yang mengalami luka bakar parah.

Tim militer pada Jumat terbang ke pulau itu menggunakan helikopter dan mengenakan pakaian pelindung untuk mencari mayat-mayat itu. Mereka tidak bisa menemukan sisa-sisa jasad dua orang lainnya yang meninggal dalam letusan. Namun para pejabat mengatakan akan kembali ke pulau itu dan berupaya melakukannya.

"Ini belum berakhir," kata Komisaris Polisi Selandia Baru Mike Bush kepada wartawan di Whakatane.

Jenazah-jenazah itu dibawa ke daratan untuk diidentifikasi.

Polisi mengatakan tim penyelam pada Jumat juga mencari di perairan sekitar pulau itu , tetapi tidak menemukan apa pun. [my/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG