Tautan-tautan Akses

Selandia Baru Evakuasi 6 Mayat Korban Letusan Gunung Berapi


Sebuah helikopter militer digunakan untuk mengevakuasi korban letusan gunung berapi di Whakatane, Selandia Baru, 13 Desember 2019.

Para anggota militer Selandia Baru telah mengevakuasi enam mayat dari sebuah pulau kecil di lepas pantai negara itu hari Jumat (13/12), empat hari setelah kelompok tur mereka terperangkap dalam letusan gunung berapi yang menghancurkan.

Setelah mengambil mayat-mayat tersebut, para anggota militer itu dibawa dengan pesawat ke sebuah kapal di mana para ilmuwan serta polisi dan personel militer lainnya memantau operasi berbahaya itu.

Komisaris polisi Mike Bush mengemukakan, “Sayangnya, masih ada dua orang lagi yang perlu kami temukan agar kami juga dapat memulangkan mereka. Jadi operasi ini akan berlanjut. Kami sore ini akan kembali dengan pencarian melalui udara di Whakaari untuk mengetahui apakah kami dapat mengidentifikasi orang lain di pulau itu. Dan kami juga sekarang ini mengerahkan tim penyelam kami untuk mencari di perairan sekitarnya.”

Bush mengatakan operasi pencarian itu “bukannya tanpa risiko” dan ia memuji keberanian tim penyelamat.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa gas-gas di pulau itu sangat beracun dan korosif sehingga menghirup sekali saja dapat berakibat fatal.

Jumlah korban tewas kemungkinan tetap 16, tetapi lebih banyak lagi lagi yang cedera akibat letusan itu, beberapa di antaranya dalam keadaan kritis.

Operasi pencarian telah ditunda karena kemungkinan letusan lebih lanjut. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG