Tautan-tautan Akses

Jelang Rapat OPEC+, Putin Bilang Harga Minyak 'Dapat Diterima'


Logo Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) di kantor pusat OPEC di Wina, Austria, 7 Desember 2018. (Foto: Reuters)

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut tingkat harga minyak sekarang ini "dapat diterima".

Pernyataan Putin mengisyaratkan bahwa Moskow bersedia memenuhi tuntutan ketika para eksportir minyak terbesar di dunia berkumpul pekan ini di Wina untuk membahas pembatasan pasokan pada saat dampak virus korona mempengaruhi permintaan dan harga minyak.

Dilansir oleh Interfax, Putin juga mengatakan Moskow menganggap pertemuan OPEC+ pekan ini di Wina sebagai "instrumen bagi stabilitas jangka panjang."

Berbagai laporan pekan lalu mengutip sumber-sumber yang mengatakan sebagian anggota OPEC yang berpengaruh, termasuk Arab Saudi, kemungkinan akan menyerukan pengurangan produksi minyak yang lebih besar dari yang diperkirakan. Pengurangan produksi oleh OPEC berlangsung di tengah penyebaran virus korona global dan dampak terkait penyebaran itu memperlambat ekonomi dan menekan permintaan akan minyak.

Namun Rusia dikatakan menolak pembatasan lebih jauh dari perjanjian yang ada sekarang ini yang telah menutup permintaan sampai akhir Maret.

"Saya ingin menekankan bahwa bagi anggaran Rusia, bagi ekonomi kami, tingkat harga minyak sekarang ini dapat diterima," kata Putin kepada para pejabat dan produsen energi Rusia yang berkumpul di Moskow untuk membahas virus korona dan dampaknya pada 1 Maret. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG