Tautan-tautan Akses

Jajak Pendapat: Sikap Barat Makin Keras terhadap Beijing


Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden China Xi Jinping (foto: ilustrasi).
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden China Xi Jinping (foto: ilustrasi).

Menurut jajak pendapat terbaru, sikap Barat makin keras terhadap Beijing di tengah pandemi virus corona dengan mayoritas orang Inggris, Amerika, dan Perancis memandang China sebagai kekuatan jahat di dunia.

Survei oleh kelompok riset yang berbasis di Inggris, the Institute for Global Change memperoleh temuan 60 persen warga Inggris dan Perancis kini memandang Beijing sebagai "kekuatan jahat" di dunia.

Pandangan itu juga ditemukan pada 56 persen orang Amerika dan empat puluh tujuh persen orang Jerman. Hanya tiga persen orang Inggris, empat persen orang Jerman, dan lima persen orang Perancis dan Amerika mengatakan China sebagai kekuatan dengan itikad baik.

The Institute for Global Change didirikan oleh mantan perdana menteri Inggris Tony Blair dan jajak pendapat itu dilakukan oleh YouGov.

Blair memperingatkan agar tidak melancarkan Perang Dingin sepenuhnya terhadap China karena hubungan ekonomi China yang erat dengan Barat.

Blair yang menjabat sebagai perdana menteri Inggris dari 1997 hingga 2007, dalam komentar yang menyertai hasil jajak pendapat itu mengatakan Beijing harus menjawab pertanyaan serius mengenai penanganannya terhadap virus corona ketika virus itu pertama kali muncul.

Para pemimpin Barat menuduh Beijing menyebarkan informasi tidak benar mengenai asal-usul virus itu dan dianggap meremehkan skala dan penularan penyakit itu. [my/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG