Tautan-tautan Akses

AS

Jajak Pendapat: Protes Berlutut Atlet NFL Bukan Tak Patriotis


Dua atlet Liga Futbol Nasional (NFL) yang melancarkan protes berlutut ketika lagu kebangsaan AS dinyanyikan (foto: ilustrasi).

Hasil jajak pendapat Quinnpiac University yang dirilis hari Kamis (7/6) mendapati umumnya pemilih Amerika percaya bahwa atlet Liga Futbol Nasional (NFL) yang melancarkan protes berlutut ketika lagu kebangsaan dinyanyikan, bukanlah tidak patriotik.

Hampir 60 persen responden mengatakan, atlet yang berlutut itu bukan tidak patriotik, dibandingkan 35 persen yang berpendapat sebaliknya.

Perbedaan lebih nyata tampak di kalangan pemilih Republik. 70 Persen percaya, mereka tidak patriotik, sementara hampir 25 persen mengatakan sebaliknya.

Lebih dari separuh yang disurvei mengatakan atlet profesional secara umum berhak melancarkan protes di tempat mereka akan tampil, dibandingkan 43 persen yang berpendapat berbeda.

Tetapi bila ras dipertimbangkan, jajak pendapat menunjukkan perpecahan yang luas tentang apakah atlet berhak melakukan protes di lapangan futbol dan di lapangan bola basket.

Lebih dari separuh pemilih Amerika mendukung kebijakan baru NFL yang mengharuskan atlet berdiri ketika lagu kebangsaan dinyanyikan, tetapi 42 persen tidak mendukungnya. [ka/al]

XS
SM
MD
LG