Tautan-tautan Akses

Jajak Pendapat: Oposisi Polandia Ungguli Partai Berkuasa


Para pendukung partai oposisi terbesar Polandia, 'Civic Platform' ketika melakukan pawai untuk mendukung Polandia tetap bergabung dengan Uni Eropa (foto: dok).

Hasil jajak pendapat hari Rabu (26/4) menunjukkan dukungan publik bagi partai oposisi terbesar Polandia, Civic Platform (PO) yang berhaluan tengah, melampaui partai sayap kanan Law and Justice (PiS) yang berkuasa untuk pertama kalinya dalam dua tahun.

Hasil survei oleh Kantar Millward Brown menunjukkan 31 persen responden akan memilih PO jika pemilihan berlangsung hari Minggu, naik 4 persen dibandingkan jajak pendapat 30 Maret.

Dukungan untuk PiS tetap stabil pada level 29 persen, sedangkan dukungan untuk partai Nowoczesna yang pro-bisnis turun 3 persen menjadi 5 persen, tingkat ambang pemilihan.

Dukungan bagi sayap kanan, kelompok anti kemapanan Kukiz'15 tidak berubah, tetap 10 persen.

Jajak pendapat itu menyusul serangkaian survey yang menunjukkan umumnya orang Polandia tidak mendukung usaha pemerintah bulan lalu menghalangi ditunjuknya lagi mantan perdana menteri Polandia Donald Tusk sebagai kepala Dewan Eropa. Tusk adalah mantan ketua PO dan saingan berat ketua PiS Jaroslaw Kaczynski.

Komisi Eropa menuduh pemerintah PiS merongrong demokrasi dengan merombak pengadilan konstitusi. Partai itu kini berencana menggoyang sistem peradilan, langkah yang dikecam tajam oleh organisasi HAM. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG