Tautan-tautan Akses

Isu Perubahan Iklim Masuk Peringkat Atas Keprihatinan Pemilih AS


Para siswa mengacungkan poster-poster dalam unjuk rasa perubahan iklim di New York, 15 Maret 2019.
Para siswa mengacungkan poster-poster dalam unjuk rasa perubahan iklim di New York, 15 Maret 2019.

Isu perubahan iklim naik ke peringkat atas daftar keprihatinan para pemilih di Amerika. Hampir 40 persen mengatakan isu ini penting dalam menentukan bagaimana mereka akan memilih dalam pemilihan pada 2020, menurut hasil jajak pendapat yang dirilis Kamis (16/5).

Dilaporkan Reuters, hasil itu menunjukkan bahwa khususnya kandidat Demokrat harus menawarkan solusi pada perubahan iklim, kata Anthony Leiserowitz, direktur dari Program Komunikasi Perubahan Iklim di Universitas Yale.

“Ini benar-benar isu yang teratas di kalangan Demokrat,” kata Leiserowitz. Program yang dipimpin Leiserowits bekerja sama dengan Universitas George Mason menggelar dan merilis jajak pendapat tersebut.

Dalam survei yang melibatkan lebih dari 1.000 responden, sebanyak 38 persen mengatakan posisi kandidat sehubungan pemanasan global akan sangat penting dalam menjatuhkan pilihan mereka.

Semakin pentingnya pemanasan global untuk pemilih menyusul sebuah kecenderungan dimana warga semakin sadar dengan akibat dari perubahan cuaca, demikian kata Leiserowitz. [jm]

XS
SM
MD
LG