Tautan-tautan Akses

Istri Mantan PM Malaysia Dicecar Pertanyaan 13 jam dalam Kasus 1MDB


Istri mantan PM Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor (tengah) dikawal petugas ketika tiba di kantor komisi anti rasuah di Putrajaya, Malaysia, 5 Juni 2018 lalu (foto: dok).

Rosmah Mansor (66 tahun), istri mantan PM Malaysia Najib Razak hari Rabu (26/9) dicecar pertanyaan oleh badan anti korupsi selama hampir 13 jam atas dugaan pencurian dan pencucian uang yang melibatkan dana investasi negara 1MDB.

Istri mantan PM Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor tiba di kantor komisi anti rasuah Malaysia hari Rabu (26/9), pukul 10 pagi setelah dipanggil untuk kedua kalinya sejak 5 Juni dan meninggalkan gedung badan tersebut sekitar pukul 10:40. malam. Ia tersenyum kepada wartawan ketika keluar dari gedung, dikawal oleh pengacaranya dan polisi.

"Saya baik-baik saja," katanya, tetapi menolak berkomentar lebih lanjut.

Tidak jelas mengapa Rosma sekarang ditanyai. Kepala badan anti korupsi, Mohamad Shukri Abdull, awal pekan ini mengatakan bahwa kantor itu telah menyelesaikan penyelidikan Rosmah dan telah menyerahkan laporan investigasinya kepada kantor jaksa agung untuk tindakan lebih jauh.

Suaminya, Najib,mengaku tidak bersalah atas berbagai tuduhan pencucian uang, korupsi, penyalahgunaan kekuasaan dan tindak pidana pelanggaran kepercayaan atas skandal yang melibatkan dana negara 1MDB dan akan menghadapi persidangan tahun depan.

Rosmah, 66 tahun, dikecam luas karena gaya hidupnya yang mewah dan kegemarannya akan perhiasan mahal dan tas desainer Birkin yang membuatnya dibandingkan dengan mantan ibu negara Filipina, Imelda Marcos dengan koleksi sepatu mewahnya.

Polisi menemukan ratusan tas mewah, perhiasan, dan uang tunai senilai lebih dari 266 juta dolar selama penggerebekan di apartemen yang dikaitkan dengan keluarga itu tak lama setelah kekalahan Najib yang mengejutkan pada bulan Mei. Barang-barang yang disita adalah 567 tas tangan, 423 jam tangan dan 12.000 perhiasan termasuk 1.400 kalung, 2.200 cincin, 2.800 pasang anting dan 14 tiara. Najib mengatakan barang-barang itu sebagian besar adalah hadiah bagi keluarganya.

Dalam sebuah biografi pada 2013, Rosmah mengatakan adalah hal biasa bagi istri perdana menteri untuk menerima perhiasan dan hadiah mahal. Ia juga mengatakan memperoleh jutaan ringgit dari album musiknya sendiri, yang tidak dirilis ke publik tetapi dibeli oleh para menteri pemerintah yang menyukai bakatnya menyanyi.

Najib membentuk dana 1MDB ketika ia mengambil alih kekuasaan pada tahun 2009 tetapi menumpuk hutang miliaran dan sedang diselidiki di AS dan beberapa negara lain. Para penyidik AS mengatakan para pembantu Najib mencuri dan mencuci 4,5 miliar dolar dari dana tersebut dari tahun 2009 hingga 2014, beberapa di antaranya jatuh ke rekening bank Najib. Mereka mengatakan 27,3 juta dolar digunakan untuk membeli kalung berlian langka untuk Rosmah.

Kemarahan publik atas skandal itu akhirnya menggulingkan koalisi Najib yang lama berkuasa dalam pemilu 9 Mei yang mengantar perubahan kekuasaan pertama sejak Malaysia merdeka dari Inggris tahun 1957.

Perdana Menteri baru Mahatir Mohamad membuka kembali penyelidikan 1MDB yang mendapat tekanan di bawah pemerintahan Najib. Ia juga melarang suami istri Najib meninggalkan Malaysia. (my)

Recommended

XS
SM
MD
LG