Tautan-tautan Akses

Mantan PM Malaysia Dikenai 25 Dakwaan Baru Terkait Skandal 1MDB


Mantan Perdana Menteri Najib Razak (kiri) berjabat tangan dengan para pendukungnya di Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur, Malaysia, seusai menghadiri persidangan kasus skandal penggelapan dana 1MDB, 20 September 2018.

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menghadapi lebih dari dua lusin dakwaan baru terkait dengan skandal penggelapan dana 1MDB, yang menyebabkan kekalahan mengagetkan bagi partainya yang berkuasa pada Mei lalu.

Para jaksa mendakwa Najib dengan empat tuduhan korupsi dan 21 tuduhan pencucian uang sewaktu ia hadir di pengadilan hari Kamis, satu hari setelah ia ditangkap untuk ketiga kalinya dalam kasus itu. Ia dituduh menyalurkan 861 juta dolar dana investasi pemerintah 1MDB ke rekening pribadinya. Najib menyatakan tidak bersalah atas dakwaan-dakwaan baru terhadapnya itu dalam sidang hari Kamis. Ia sebelumnya mengatakan uang tersebut merupakan sumbangan dari keluarga kerajaan Arab Saudi.

Najib kini menghadapi 32 dakwaan dalam skandal penggelapan itu. Dakwaan-dakwaan sebelumnya mencakup dakwaan kriminal berupa pelanggaran kepercayaan, korupsi dan pencucian uang yang melibatkan klaim bahwa ia mentransfer sekitar 10 juta dolar dana dari sebuah anak perusahaan 1MDB ke rekening-rekening banknya.

Najib telah menyatakan diri tidak bersalah atas dakwaan-dakwaan terdahulu. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG