Tautan-tautan Akses

Isreal-Palestina Sepakat Berunding di bawah Mediasi AS


Utusan AS George Mitchell mengatakan ia berharap perundingan itu akan menuju pada perundingan langsung dalam waktu dekat.

Utusan khusus Amerika untuk Timur Tengah George Mitchell mengatakan para pemimpin Israel dan Palestina sepakat untuk memulai perundingan tidak langsung dibawah mediasi Amerika.

Mitchell mengatakan ia berharap perundingan itu akan menuju pada perundingan langsung dalam waktu dekat. Belum ada jadwal perundingan tidak langsung tersebut.

Mitchell mengumumkan hal tersebut hari Senin setelah bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Tepi Barat.

Pengumuman Mitchell itu dikeluarkan bertepatan dengan keputusan Israel menyetujui pembangunan 112 rumah baru di permukiman Tepi Barat. Langkah ini membuat marah Palestina yang ingin menjadikan kawasan itu wilayah negara mereka dimasa depan.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden tiba di Israel hari Senin dalam upaya menghidupkan kembali perundingan damai Timur Tengah yang macet. Ia direncanakan bertemu dengan para pemimpin Israel dan Palestina selama lawatan lima harinya di kawasan itu.

XS
SM
MD
LG