Tautan-tautan Akses

Israel Ledakkan Terowongan Militan di Perbatasan Gaza


Bagian dari terowongan yang diledakkan oleh militer Israel, di perbatasan Israel-Gaza, terlihat di sisi Israel 14 Agustus 2014. (Foto: dok)
Bagian dari terowongan yang diledakkan oleh militer Israel, di perbatasan Israel-Gaza, terlihat di sisi Israel 14 Agustus 2014. (Foto: dok)

Militer Israel mengatakan mereka telah menemukan dan meledakkan satu terowongan militan hari Senin (30/10) yang digali dari Gaza menuju Israel, dalam peningkatan ketegangan yang jarang di perbatasan yang umumnya tenang sejak perang tahun 2014 dengan penguasa Hamas di Gaza.

Juru bicara militer Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan bahwa berkat teknologi mutakhir “terowongan yang giat” ini, yang masih sedang digali, ditemukan dan diledakkan di dalam wilayah Israel. Ia mengatakan intelijen militer telah mengintainya beberapa lama.

Ia menyebutnya “pelanggaran kedaulatan yang serius dan tidak dapat diterima Israel” dan bahwa Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas pelanggaran wilayahnya. Conricus mengatakan mereka menganggap masih ada lagi pengeboran terowongan ke Israel yang hendak digunakan untuk menyerang tentara dan warga Israel.

Dalam perang tahun 2014, militan Hamas beberapa kali memasuki Israel melalui jaringan terowongan yang di luar dugaan Israel. Walaupun militan tidak berhasil mencapai daerah-daerah sipil, penyusupan tersebut menakutkan penduduk setempat. Israel menghancurkan 32 terowongan pada waktu perang itu, dan sejak itu Israel telah membuat penghentian ancaman terowongan prioritas utama. [gp]

XS
SM
MD
LG