Tautan-tautan Akses

Israel Menangkan Eurovision dengan Lagu yang Terilhami #MeToo


Penyanyi Israel, Netta, hadir dalam konferensi pers setelah menjuarai Grand Final Eurovision Song Contest 2018 di Altice Arena Hall di Lisabon, Portugis, 13 Mei 2018 (foto: REUTERS/Pedron Nunes)

Israel memenangkan Kontes Lagu Eurovision di Lisbon Minggu pagi, setelah penyanyi Netta Barzilai mengalahkan 25 peserta lainnya dengan lagu uptempo "Toy" yang liriknya dirangkul oleh gerakan #MeToo.

Lagu yang menarik ini, berisi refrain seperti "Aku bukan mainanmu, laki bodoh", menyimpulkan kekhawatiran banyak wanita yang telah menjadi pengikut gerakan global untuk melawan pelecehan seksual.

"Saya sangat senang. Terima kasih banyak telah mendukung keanekaragaman," kata Barzilai ketika dia naik ke panggung setelah kemenangannya diumumkan.

Penyanyi berusia 25 tahun dan mantan anggota band Angkatan Laut Israel itu melengkapi penampilannya dengan suara truffle dan gerakan tarian seperti ayam dalam penampilan yang menarik dan aneh yang khas pada kontes Eurovision.

Portugal menyelenggarakan acara ini untuk pertama kalinya karena memenangkan kontes ini tahun lalu di Ukraina dengan balada solo jazzy oleh Salvador Sobral. Kemenangan Barzilai itu merupakan keempat kalinya Israel memenangkan kontes.

Acara musik tahunan yang hebat itu telah lama dikenal karena menampilkan kostum yang aneh-aneh, kemewahan dan efek panggung yang canggih. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG