Tautan-tautan Akses

Islamic Center di Florida, AS Galang Dana untuk Korban Bencana di Indonesia 


Islamic Center of South West Florida atau Masjid Ibrahim di Fort Myers, Florida (Foto courtesy: Facebook).
Islamic Center of South West Florida atau Masjid Ibrahim di Fort Myers, Florida (Foto courtesy: Facebook).

Islamic Center of South West Florida atau Masjid Ibrahim di Fort Myers, Florida, menggalang dana untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Penggalangan dilakukan melalui kotak amal setiap sholat Jumat pada Oktober dan November.

Tidak banyak diaspora Indonesia tinggal di kota kecil Fort Myers di negara bagian Florida. Tetapi, Muslim Indonesia di sana dikenal aktif beribadah di Masjid Ibrahim yang juga Islamic Center of South West Florida atau Pusat Islam Florida Barat Daya.

Ketika gempa berturut-turut melanda Lombok, jemaah masjid itu bertubi-tubi menyampaikan ucapan duka cita kepada Muslim Indonesia. Dan ketika gempa dan tsunami melanda Palu dan Donggala, jemaah masjid spontan bergerak menggalang dana.

Masjid Apung di Palu, Sulawesi Tengah, terendam air setelah benca gempa dan tsunami melanda Sulawesi Tengah.
Masjid Apung di Palu, Sulawesi Tengah, terendam air setelah benca gempa dan tsunami melanda Sulawesi Tengah.

“Mereka merasa trenyuh,” ungkap Muhamad Imanudin, salah satu warga Indonesia yang aktif berkegiatan di Masjid Ibrahim. Ia merasa terharu ketika pengurus masjid mengkhususkan sedekah setiap sholat Jumat untuk membantu korban bencana di Indonesia.

Anggota komisi eksekutif, yang juga mantan ketua pengurus Masjid Ibrahim, Khaled Bajwa menjelaskan, masjid menyiapkan tiga kotak. Selama dua pekan, masing-masing kotak ditempatkan di tiga bangunan masjid, dua di bagian utama, lainnya di bagian perempuan.

Usai sholat Jumat akhir Oktober, khotib mengumumkan, dana yang terkumpul dari sholat Jumat sebelumnya dan pada hari itu melampaui 5.800 dolar (sekitar Rp 87 juta). Penggalangan dana akan terus dilakukan sampai dana akhirnya dikirimkan ke Indonesia.

“We are gonna add some money from the masjid site,” ujar Khaled Bajwa.

Bajwa juga mengatakan, pihak masjid akan menambah uang itu sampai sekitar 5.000 dolar supaya bisa terkumpul lebih dari 10 ribu dolar.

Tidak satu pun jemaah masjid itu pernah ke Indonesia. Mereka hanya tahu, mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim. Selebihnya, menurut Imanudin, jemaah dan pengurus masjid hanya tahu Indonesia dari berita di televisi.

Tetapi bagi Bajwa, Indonesia sangat dekat di hatinya karena putranya, seorang dokter, terjun langsung membantu pasca gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004.

Pengurus Masjid Ibrahim sudah menghubungi konsulat Indonesia di Houston, memberitahu upaya mereka tetapi memutuskan menyerahkan dana bantuan itu ke Indonesia Relief yang dinilai lebih mengetahui pendistribusiannya.

Aktivis Muslim Indonesia di Fort Myers, Galang Dana untuk Palu
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:53 0:00

Ketua Indonesia Relief Bambang Achirudin mengaku sudah berkomunikasi dengan Imanudin, sebagai perwakilan warga Indonesia di Fort Myers, dan siap menerima dana bantuan itu, untuk segera mendistribusikannya. (ka)

XS
SM
MD
LG