Tautan-tautan Akses

ISIS Rilis Rekaman Suara Terbaru Abu Bakr al-Baghdadi


Pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi diperkirakan masih hidup dan kemungkinan berada di Suriah (foto: dok).
Pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi diperkirakan masih hidup dan kemungkinan berada di Suriah (foto: dok).

Kelompok ISIS telah merilis sebuah rekaman suara baru, yang katanya suara pemimpin mereka, Abu Bakr al-Baghdadi. Dalam rekaman itu, Baghdadi mendorong para pendukung dan pejuang ISIS untuk terus melancarkan operasi militer dan propaganda.

Rekaman suara itu dipasang di internet hari Senin (16/9) oleh bagian media ISIS al-Furqan, dan juga menyerukan pada semua pendukung ISIS supaya jangan melupakan nasib warga Muslim yang dipenjara dan yang hidup di kamp-kamp pengungsi.

Baghdadi memberi tahu para pendukungnya selama rekaman audio berdurasi lebih dari 30 menit bahwa AS "sekarang tenggelam dalam rawa-rawa" Irak dan Afghanistan, serta menambahkan Amerika tidak berdaya untuk membantu sekutunya di wilayah itu dan di seluruh dunia. Menurutnya, perang melawan Amerika dan sekutunya masih jauh dari selesai.

"(Amerika) Tidak bisa berbuat apa pun selain memberikan pembicaraan kosong dan janji-janji palsu kepada mitranya," kata suara itu sebagaimana diterjemahkan oleh kelompok intelijen SITE .

"Roda berputar dengan lancar berkat rahmat Allah dan setiap hari dan di berbagai bidang," tambah suara itu.

Para pejabat AS mengatakan para analis sedang mengkaji pidato itu.

Sebelumnya pada ermulaan tahun ini, ISIS merilis video yang katanya menunjukkan Abu Bakr al-Baghdadi sedang berpidato dan mendesak pembalasan atas runtuhnya kekalifahan Islam di Irak dan Suriah.

Sebelum itu, al-Baghdadi yang berumur 48-tahun itu tidak pernah terlihat sejak ia memberikan khotbah di masjid al-Nuri di kota Mosul, Irak tahun 2014.

Para pejabat Amerika yakin Baghdadi masih hidup dan bersembunyi di kawasan terpencil di Suriah di mana ISIS masih kuat, dan kemungkinan dibantu oleh pejuang lokal. (ii/jm)

XS
SM
MD
LG