Tautan-tautan Akses

Militer Ethiopia Tangkap Tersangka Anggota ISIS


Jenderal Berhanu Jula, wakil kepala staf dan direktur operasi militer Angkatan Bersenjata Ethiopia. (Foto: Ethiopian Press Agency)
Jenderal Berhanu Jula, wakil kepala staf dan direktur operasi militer Angkatan Bersenjata Ethiopia. (Foto: Ethiopian Press Agency)

Militer Ethiopia telah menangkap sejumlah tersangka anggota Negara Islam (ISIS) yang beroperasi di negara itu, kata para pejabat, Rabu (12/9). Jumlah yang ditangkap tidak diumumkan.

Jenderal Berhanu Jula, wakil kepala staf dan direktur operasi militer dalam angkatan bersenjata Ethiopia, mengukuhkan penangkapan itu tetapi tidak merinci berapa banyak ekstremis yang ditahan atau di negara bagian mana mereka ditangkap. Dia mengatakan pasukan keamanan terus memantau simpatisan ISIS lainnya yang dicurigai.

Berhanu meremehkan ancaman bahwa ISIS memperoleh tempat berlindung di Ethiopia, dan mengatakan kelompok itu tidak memiliki dukungan di sana dan pernyataan apa pun yang menyiratkan bahwa mereka mendapatkan kekuatan maka itu adalah “perang psikologis.”

Meskipun demikian, katanya, pasukan keamanan akan terus waspada.

Bulan lalu, militan ISIS di Somalia mengatakan mereka memiliki rencana untuk merilis materi perekrutan ekstremis itu dalam bahasa Amharik, salah satu bahasa utama di Ethiopia. Kelompok itu merilis video berdurasi tiga menit yang termasuk nyanyian ISIS dalam bahasa Amharik. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG