Tautan-tautan Akses

ISIS Rebut Tora Bora di Afghanistan


Seorang tentara berpatroli di kawasan pegunungan "White Mountains" dekat Tora Bora, Afghanistan, 18 Desember 2001. (Foto: dok).

Kelompok militan ISIS merebut beberapa bagian wilayah Tora Bora, Afghanistan, setelah pertempuran sengit selama berhari-hari dengan Taliban Afghanistan dan milisi pro-pemerintah.

Kawasan pegunungan terpencil yang berbatasan dengan Pakistan ini terkenal setelah pemimpin al-Qaida Osama bin Laden berhasil disudutkan di sana oleh tim pimpinan Amerika beberapa bulan setelah serangan teroris 11 September 2001 di AS, namun berhasil melarikan diri ke Pakistan.

Pertempuran sengit mulai terjadi di kawasan itu hampir sepekan lalu ketika militan ISIS menyerang posisi Taliban. Awalnya Taliban berhasil melawan dan memukul mundur ISIS. Namun kemudian ISIS kembali dan bahkan tidak hanya mengalahkan Taliban, melainkan juga milisi pro-pemerintah yang juga bermusuhan dengan Taliban.

Setelah merebut Tora Bora, ISIS kini melakukan serangan terhadap Pachiragam, salah satu dari 22 distrik di propinsi Nangarhar. Reporter VOA di kawasan tersebut melaporkan, serangan itu berlangsung intensif dan kemungkinan distrik itu akan jatuh ke tangan ISIS.

Yang memprihatinkan, ratusan warga Tora Bora selama ini mengungsi ke Pachiragam, untuk menghindari ISIS. Namun kini, dengan masuknya ISIS, pengungsian lebih lanjut diperkirakan akan terjadi. [ab/uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG