Tautan-tautan Akses

Serangan AS Dilaporkan Tewaskan Komandan Jejaring Haqqani di Pakistan


FILE - Pasukan keamanan berdiri di samping sebuah kawah akibat sebuah ledakan besar yang menewaskan lebih dari 150 orang, di depan Kedutaan Besar Jerman di Kabul, Afghanistan, 31 Mei 2017.

Sebuah serangan pesawat tak berawak yang dicurigai dilakukan Amerika telah menewaskan seorang komandan Jejaring Haqqani di distrik kesukuan yang terpencil di Pakistan, demikian kata pejabat keamanan Pakistan.

Serangan pada Senin malam, yang belum dikonfirmasi oleh Pentagon, menyasarkan seorang pemimpin kelompok teroris itu dan dikenal dengan nama Abubakar.

Behram Khan adalah penduduk desa Dewal di daerah Speen Tal, distrik Hangu, dan mengatakan kepada radio Liberty bahwa tiga lainnya cedera dalam serangan itu, termasuk seorang anak laki-laki.

Abubakar yang nama aslinya adalah Omar, berasal dari provinsi Khost di Afghanistan, tempat lahir pendiri jejaring itu, Jalaluddin Haqqani, demikian menurut laporan intelijen Afghanistan dan Pakistan.

Kata Khan, komandan yang tewas itu pindah ke Dewal dari Waziristan utara, setelah militer Pakistan melancarkan operasi kontra teroris disana pada 2014.

Serangan pesawat tak berawak itu berlangsung menyusul pemboman truk pada 31 Mei di Kabul yang menewaskan 150 orang, serangan paling mematikan terhadap ibukota Afghanistan sejak pengusiran Taliban menyusul invasi Amerika pada 2001.[jm]

XS
SM
MD
LG