Tautan-tautan Akses

Irma Hardjakusumah Ikut Rancang Ruang Pesta Oscars Governors Ball


Perancang ruang pesta Oscars, Irma Hardjakusumah, di kantor Studio Left miliknya di Los Angeles, CA (Dok: VOA).

Desainer Indonesia, Irma Hardjakusumah kembali dipercaya untuk membantu perancangan ruang pesta Oscars Governors Ball 2019. Tema film yang dileburkan dengan warna anggur merah dan emas menambah kemegahan pesta akbar bagi insan perfilman kali ini.

Desainer ruang asal Indonesia kembali ikut menggarap pesta Governors Ball yang diselenggarakan pasca perhelatan Academy Awards atau the Oscars yang ke-91 kali ini. Ia adalah Irma Hardjakusumah, yang sering diminta untuk mendesain ruang pesta akbar penghargaan bergengsi, seperti juga Emmy Awards.

“Saya itu tepatnya seorang desainer ruang, sebutlah arsitek untuk ruangan temporer. Contohnya, ruang event, exhibit, instalasi, panggung, pop up retail, segala sesuatu yang sifatnya sementara,” jelas Irma saat ditemui di kantor Studio Left miliknya beberapa waktu lalu oleh VOA Indonesia di Los Angeles.

Ruang pesta Oscars 2019 di Dolby Theatre, Hollywood, CA (dok: Stephanie Kleinman: ©A.M.P.A.S.)
Ruang pesta Oscars 2019 di Dolby Theatre, Hollywood, CA (dok: Stephanie Kleinman: ©A.M.P.A.S.)

​Irma yang juga sering mendesain ruang pameran atau panggung acara penghargaan, salah satunya Costume Designers Guild Awards di AS mengatakan, ia selalu berusaha untuk fokus kepada pekerjaan dan mengerjakannya dengan integritas.

“Setiap orang punya caranya sendiri mengembangkan diri. Buat saya, referensi yang bagus atau word of mouth itu lebih efektif dalam mencari proyek berikutnya. It goes and grows that way: Fokus ke pekerjaan, kerjakan dengan baik dan biasanya sampai ke telinga-telinga yang tepat untuk proyek berikut,” ujarnya lagi.

Ketika menggarap sebuah ide untuk pesta berskala besar seperti Governors Ball, memang Irma tidak sendirian. Dari sebuah arahan kreatif awal, Irma kemudian mengembangkannya menjadi beberapa ide.

“Biasanya dibahas secara masal oleh komite, dan berdasarkan input yang balik bisa beberapa kali melalui proses revisi. Tugas saya adalah untuk mengintegrasikan semua input itu tanpa mengurangi integritas konsep, dan pada saat yang sama meliput semua kebutuhan teknis ke dalam desain. Dengan begitu semua terlihat cohesive dan rapi,” papar Irma.

Ruang pesta Oscars Governors Ball 2019 bertema "Filmscapes" (dok: Stephanie Kleinman : ©A.M.P.A.S.)
Ruang pesta Oscars Governors Ball 2019 bertema "Filmscapes" (dok: Stephanie Kleinman : ©A.M.P.A.S.)

Bagi Irma sulit dipercaya bahwa dirinya sudah terlibat dalam pengerjaan pesta mewah, Oscars Governors Ball, selama kurang lebih 11 tahun. Ia masih ingat bagaimana dulu selalu menonton perhelatan Oscars di Jakarta dan sekarang bisa terlibat langsung.

“It’s a job,” ujarnya sambil bercanda.

It’s not always just making the drawings or giving directions. Sebagai desainer, kan salah satu tugas kita adalah untuk mencari solusi. Kadang-kadang kita cuma punya beberapa jam untuk mencari solusi. Kadang-kadang beberapa menit. Sometimes, you have to do the hard work yourself. Kadang-kadang kalua kurang orang, saya yang bakal (menyekrup) sendiri. Sometimes I go and look for the hardware myself in the store. It’s commitment. Intinya, sebesar itu saya merasa senang dan bangga, sebesar itu juga saya merasa bertanggung jawab dan takut untuk mengambil keputusan yang salah. Stress itu makanan sehari-hari,” tambahnya sambil tertawa.

Oscars Governors Ball 2019 (dok: Matt Petit : ©A.M.P.A.S.)
Oscars Governors Ball 2019 (dok: Matt Petit : ©A.M.P.A.S.)

Acara Oscars Governors Ball dihadiri oleh para tamu undangan yang terdiri dari para pemenang, peraih nominasi dan juga para presenter ini diadakan di sebuah ruangan berkapasitas 1,500 orang di Dolby Theatre. Biasanya di acara ini, para peraih piala Oscar kemudian diberik kesempatan untuk menggrafir piala dengan nama mereka.

Mark Ronson dan Lady Gaga saat menggrafir piala Oscar mereka di Governors Ball (dok: Troy Harvey : ©A.M.P.A.S.)
Mark Ronson dan Lady Gaga saat menggrafir piala Oscar mereka di Governors Ball (dok: Troy Harvey : ©A.M.P.A.S.)

Tahun ini, Oscars Governors Ball mengambil tema “Filmscapes” yang menggambarkan kompilasi film-film dunia melalui layar besar yang digabungkan dengan orkestra musik dari film-film tersebut. Warna anggur merah dan emas dari piala Oscar mendominasi ruangan yang disulap seperti teater film dengan meja-meja bundar yang beralaskan karpet merah dan emas.

Cokelat berbentuk piala Oscar di pertunjukkan kepada wartawan untuk persiapan pesta Governors Ball di Los Angeles, California (dok: Reuters)
Cokelat berbentuk piala Oscar di pertunjukkan kepada wartawan untuk persiapan pesta Governors Ball di Los Angeles, California (dok: Reuters)

​Selama 25 tahun berturut-turut, chef legendaris Wolfgang Puck bersama timnya yang berjumlah lebih dari 900 orang kembali menghidangkan menu yang elegan dan penuh inovasi, seperti salmon asap berbentuk piala Oscar, burung dara goreng yang dipadukan dengan red elvet waffle, caviar, dan yang paling terkenal adalah coklat berbentuk piala Oscar dengan serbuk emas 24 karat di atasnya. (di)

XS
SM
MD
LG