Tautan-tautan Akses

Iran Tuding Barat Cari Alasan Hindari Solusi Nuklir


AS dan negara-negara Barat meragukan kesepakatan uranium Iran dan berusaha menerapkan sanksi baru PBB bagi Teheran.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran menuduh negara-negara Barat mencari alasan untuk menghindari usaha menyelesaikan persengketaan nuklir dengan negaranya.

Ramin Mehmanparast mengeluarkan komentar itu pada sebuah konferensi pers hari Selasa, satu hari setelah Iran mengumumkan rencana untuk mengirim banyak uranium yang akan diperkayanya ke Turki sebagai pertukaran untuk mendapatkan bahan bakar nuklir.

Jurubicara kementerian itu juga mengatakan, bahwa jika para anggota apa yang disebut Kelompok Vienna – Amerika, Rusia, Perancis dan Badan Tenaga Atom Internasional – menandatangani rencana itu, rencana tersebut akan menciptakan keadaan yang positif bagai kerjasama nuklir.

Hari Senin, Iran menandatangani sebuah kesepakatan dengan Turki dan Brazil untuk mengirim 1200 kilogram uranium kualitas rendah ke Turki untuk ditukar dengan bahan bakar reaktor nuklir berkualitas tinggi untuk digunakan dalam reaktor riset kedokteran di Teheran.

Amerika dan negara-negara Barat lain meragukan rencana itu, dan Amerika mengatakan akan meneruskan usaha untuk menerapkan sanksi dukungan PBB putaran keempat.

XS
SM
MD
LG