Tautan-tautan Akses

AS Kirim ke PBB Rancangan Sanksi atas Iran


Menlu Clinton mengatakan AS dan negara besar lainnya menyetujui rancangan resolusi PBB untuk memberlakukan sanksi baru.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan Amerika dan negara besar lainnya telah menyetujui rancangan resolusi yang akan memberlakukan sanksi PBB putaran ke empat terhadap Iran.

Clinton mengumumkan hal itu ketika memberi kesaksian kepada Komisi Senat Amerika hari Selasa, sehari setelah Iran mengumumkan rencana akan mengirim sebagian uraniumnya yang sudah diperkaya ke Turki untuk ditukar dengan bahan bakar nuklir.

Dewan Keamanan PBB hari ini bertemu untuk mempertimbangkan rancangan sanksi tersebut.

Menteri Luar Negeri Clinton mengatakan rancangan tersebut menyusul perundingan antara para pejabat Jerman dan lima anggota tetap Dewan Keamanan, Amerika, Inggris, Tiongkok, Perancis and Rusia. Ia mengatakan kesepakatan itu dicapai berkat kerjasama dengan Tiongkok dan Rusia, dua negara yang sebelumnya menolak untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi terhadap Iran.

Hari Senin, Iran menandatangani perjanjian dengan Turki dan Brazil untuk mengirim 1200 kilogram uranium berkadar rendah ke Turki untuk ditukar dengan bahan bakar reaktor nuklir yang sudah diperkaya lebih lanjut untuk digunakan dalam reaktor riset kedokteran di Teheran.

XS
SM
MD
LG