Tautan-tautan Akses

Iran Luncurkan Rudal Hipersonik dengan Jangkauan Hingga 1.400 Kilometer


Iran memamerkan rudal hipersonik "Fattah" yang diklaim mampu meluncur dengan 15 kali kecepatan suara dan memiliki jangkauan hingga 1.400 kilometer, Selasa (6/6).
Iran memamerkan rudal hipersonik "Fattah" yang diklaim mampu meluncur dengan 15 kali kecepatan suara dan memiliki jangkauan hingga 1.400 kilometer, Selasa (6/6).

Iran meluncurkan apa yang disebut rudal "hipersonik" yang diakui dapat meluncur dengan 15 kali lipat kecepatan suara dan memiliki jangkauan hingga 1.400 kilometer. Rudal yang diberi nama “Fattah” itu ditampilkan hari Selasa (6/6) pada sebuah acara yang dihadiri oleh Presiden Ebrahim Raisi, setelah beberapa hari diiklankan dan dipersiapkan.

Kepala kedirgantaraan Korps Pengawal Revolusi Iran (ICRG), Amir Ali Hajizadeh mencuit di Twitter, Selasa tengah malam: "Pada hari Selasa matahari terbit bukanlah matahari yang terbit dengan normal; "Matahari terbit hari ini bersama Fattah."

Rudal hipersonik itu mampu terbang setidaknya lima kali lebih cepat daripada kecepatan suara dan pada lintasan yang rumit.

ICRG menyatakan, rudal hipersonik "Fattah" dapat menonaktifkan semua sistem pertahanan udara, seperti "THAD, ARO, Patriot, Aegis, GBI, Iron Dome, Flakhan Dawood, dan Barak."

Klaim Iran tentang rudal itu tidak dapat dikukuhkan secara independen.

November lalu, dalam puncak protes nasional di Iran, Teheran mengaku telah berhasil mengembangkan rudal supersonik.

Pada saat itu, juru bicara Departemen Pertahanan AS menyatakan skeptis tentang klaim itu dan mengatakan, "Saya menahan diri untuk tidak membahas informasi pribadi atau evaluasi apa pun mengenai masalah itu. Namun demikian, Pentagon memantau dengan cermat setiap kemajuan atau penggunaan teknologi canggih terkait sistem rudal yang berasal dari Iran.” [ps/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG