Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Bicarakan Qatar dengan Menlu Turki


Menlu AS Rex Tillerson berbicara tentang Qatar di Deplu di Washington, 9 Juni 2017.

Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson berbicara melalui telepon dengan Menteri Luar negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengenai sengketa antara Qatar dan negara-negara tetangganya di Teluk Arab.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan pekan lalu dengan Qatar, dengan menuduh negara kecil itu membantu militan Islamis dan Iran, tuduhan yang dikatakan oleh Qatar tidak berdasar. Presiden Amerika Donald Trump juga mengecam keras Qatar.

Pembicaraan Sabtu malam itu dilakukan atas permohonan Tillerson setelah ia mendesak Arab Saudi dan negara-negara Teluk lain hari Jumat untuk tidak memperuncing lagi krisis tersebut dan melonggarkan blokade terhadap Qatar, yang ia katakan menyebabkan konsekuensi kemanusiaan yang tidak dimaksudkan dan mempengaruhi perang yang dipimpin Amerika melawan ISIS.

Tidak ada keterangan lebih jauh mengenai pembicaraan telepon itu dikeluarkan. Mengenai ucapan Tillerson tentang blokade, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan hari Jumat di Istanbul blokade itu harus dicabut sama sekali.Ketika berbicara pada acara makan malam buka puasa Ramadan, Erdogan berjanji akan terus mendukung Qatar setelah lolosnya dengan cepat rancangan penempatan pasukan Turki di sana. [gp]

XS
SM
MD
LG