Tautan-tautan Akses

Iran Kebumikan 19 Tentara Yang Tewas Akibat Kecelakaan AL


Kapal Konarak yang rusak akibat terkena rudal selama latihan angkatan laut, di pelabuhan Jask, selatan provinsi Hormozgan, 11 Mei 2020.

Iran, Selasa (12/5), melangsungkan upacara pemakaman bagi 19 tentara Angkatan Laut-nya yang tewas akibat tembakan misil tak disengaja sewaktu latihan militer sebelumnya pekan ini.

Upacara berlangsung di sebuah pangkalan Angkatan Laut di kota pelabuhan Chahbahar, sekitar 1.400 kilometer dari tenggara ibu kota, Teheran. Media pemerintah Iran, IRNA, melaporkan, keluarga dan kerabat para korban tewas, bersama sejumlah pejabat militer dan pemerintah, menghadiri upacara itu.

Kecelakaan itu terjadi, Minggu (10/5), di perairan dekat Selat Hormuz. Kapal bernama Konarak yang mengalami insiden nahas itu berada terlalu dekat dengan target serangan pada latihan tersebut sehingga tanpa sengaja terhantam misil. Konarak sendiri berada di lokasi itu karena berfungsi menempatkan target-target yang akan menjadi incaran kapal-kapal lain yang terlibat dalam latihan.

Lima belas tentara Iran lain juga terluka dalam insiden itu sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai kesiapan angkatan bersenjata Iran di tengah-tengah ketegangan yang meningkat dengan AS, hanya beberapa bulan setelah mereka tanpa sengaja menembak jatuh pesawat Ukraina, dan menewaskan seluruh 176 penumpang dan awak pesawat itu.

Iran secara regular melangsungkan latihan di Teluk Oman, yang terletak dekat Selat Hormuz yang strategis yang merupakan jalur keluar minyak dari Teluk Persia.

Presiden AS Donald Trump menarik mundur AS dari kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara besar dunia pada 2018, dan memberlakukan sanksi-sanksi yang sangat memberatkan Iran sehingga kedua negara kini berada di ambang konflik besar. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG