Tautan-tautan Akses

Serangan Misil Tak Sengaja, 19 Tentara AL Iran Tewas


Kapal Konarak yang rusak dihantam misil saat latihan militer di Teluk Oman, 11 Mei 2020.

Militer Iran mengatakan, serangan misil tak sengaja terhadap sebuah kapal angkatan laut negaranya yang berpartisipasi dalam latihan di Teluk Oman menewaskan 19 tentara dan melukai 15 lainnya.

Pernyataan yang dikeluarkan Senin (11/5) itu secara drastis meningkatkan jumlah korban tewas dalam insiden hari Minggu (10/5) itu. Sebelumnya dilaporkan hanya satu tentara tewas dan 15 lainnya terluka.

Laporan media pemerintah Iran, IRNA, menyebutkan, kapal bernama Konarak itu berada terlalu dekat dengan target serangan pada latihan itu. Konarak sendiri berada di lokasi itu karena berfungsi menempatkan target-target yang akan menjadi incaran kapal-kapal lain yang terlibat dalam latihan.

Insiden penembakan tak disengaja ini terjadi dekat pelabuhan Jask, di Teluk Oman, atau sekitar 1.270 kilometer dari tenggara Teheran.

Iran secara regular melangsungkan latihan di kawasan tersebut, yang terletak dekat Selat Hormuz yang strategis yang merupakan jalur keluar minyak dari Teluk Persia.

Insiden ini terjadi di tengah-tengah ketegangan yang meningkat antara Iran dan AS sejak Presiden Donald Trump secara sepihak mundur dari kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara besar dunia pada 2018, dan memberlakukan sanksi-sanksi yang sangat memberatkan Iran. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG