Tautan-tautan Akses

Investor AS Dikenai Tahanan Rumah di Moskow


Pendiri perusahaan investasi "Baring Vostok", Michael Calvey (tengah), meninggalkan pengadilan di Moskow, Rusia, 11 April 2019.
Pendiri perusahaan investasi "Baring Vostok", Michael Calvey (tengah), meninggalkan pengadilan di Moskow, Rusia, 11 April 2019.

Pengadilan Rusia hari Kamis (11/4) membebaskan dari penjara seorang investor Amerika yang menghadapi tuduhan penggelapan dan menempatkannya dalam tahanan rumah.

Michael Calvey, yang sudah berada di balik jeruji besi sejak pertengahan Februari karena tuduhan penggelapan di Bank Vostochny, yang saham-sahamnya dikuasai oleh perusahaan investasi miliknya “Baring Vostok.”

“Baring Vostok” adalah salah satu perusahaan investasi asing terbesar di Rusia dan penangkapan Calvey mengguncang kepercayaan investor di Rusia.

Salah satu terdakwa lainnya, yaitu mantan direktur bank Alexei Kordichev, juga diberi status tahanan rumah. Namun media di Rusia melaporkan, sebelum menyampaikan putusan itu pengadilan mengatakan Kordichev mengaku bersalah dan bersedia memberi kesaksian yang memberatkan terdakwa lainnya.

Rincian kesaksian lain Kordichev belum diketahui. Empat lainnya yang didakwa dalam kasus yang sama, masih berada di penjara.

“Baring Vostok” mengatakan kasus ini adalah buntut perselisihan antar pemegangan saham di bank itu. Calvey menyangkal melakukan kesalahan. (em)

Recommended

XS
SM
MD
LG