Tautan-tautan Akses

Inggris akan Kirim Bantuan Peralatan Medis untuk India


Kerabat menunggu di samping pasien virus corona yang berbaring di tandu di kompleks rumah sakit untuk masuk di New Delhi, 23 April 2021. (Foto: AFP/Maude BRULARD)

Inggris akan berbuat “apapun yang bisa dilakukan untuk mengurangi penderitaan” rakyat India, kata menteri pertahanan Inggris hari Senin (26/4), sewaktu sistem layanan kesehatan India berjuang keras untuk mengatasi gelombang baru kasus virus corona.

Inggris akan mengirim 600 unit perangkat medis termasuk ventilator untuk India untuk membantu negara itu dalam perang melawan gelombang terbaru wabah virus corona.

Departemen Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan menyatakan bahwa satu dari sembilan pesawat bermuatan kit kesehatan itu akan tiba di New Delhi pada hari Selasa (27/4).

India pada hari Minggu (25/4) mencatat rekor global penambahan kasus baru COVID-19 untuk hari keempat berturut-turut, sementara negara itu berjuang menghadapi lonjakan perebakan virus, yang dipicu oleh kemunculan varian baru yang berbahaya di sana.

Para pejabat kesehatan bergegas meluaskan unit-unit perawatan kritis dan menimbun persediaan oksigen yang kian menipis sementara orang-orang yang putus asa mengantre, kadang-kadang hingga ke luar di jalan-jalan, menunggu untuk diperiksa dokter.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan Inggris akan menggunakan pesawat-pesawat militer atau pesawat carter untuk membawa pasokan itu ke India, guna membantu negara itu “pada saat mereka membutuhkannya.” Paket bantuan itu mencakup 495 konsentrator oksigen, 120 ventilator noninvasif dan 20 ventilator manual dari kelebihan cadangan Inggris. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG