Tautan-tautan Akses

Pasokan Oksigen Terganggu, 22 Pasien COVID-19 Meninggal di India


Para pasien menggunakan tabung oksigen di sebuah rumah sakit setelah kebocoran pabrik oksigen di Nashik, negara bagian Maharastra, India, 21 April 2021. (Foto: AP)
Para pasien menggunakan tabung oksigen di sebuah rumah sakit setelah kebocoran pabrik oksigen di Nashik, negara bagian Maharastra, India, 21 April 2021. (Foto: AP)

India, Rabu (21/4) mengatakan tangki oksigen yang bocor di rumah sakit umum di kota itu telah mengakibatkan kematian 22 pasien COVID-19.

Suraj Mandhare, pejabat distrik Nashik, mengatakan tangki oksigen bocor di luar Rumah Sakit Zakir Hussein, mengganggu pasokannya selama setengah jam.

"Tangki oksigen bocor saat pengisian ulang, dan itu menyebabkan kematian 22 pasien," kata Mandhare kepada kantor berita Reuters.

Petugas pemadam kebakaran Sanjay Bairagi mengatakan kebocoran itu berhasil ditutup dalam waktu 15 menit oleh petugas pemadam kebakaran.

Tayangan berita menunjukkan asap putih keluar dari rumah sakit.

Petugas polisi Surinder Sonone mengatakan kebocoran terjadi di pipa yang menghubungkan pasokan oksigen ke tangki utama di kompleks rumah sakit itu.

Ia menambahkan lima dari 140 pasien COVID-19 dipindahkan ke rumah sakit lain.

Menteri Kesehatan Rajesh Tope mengatakan pemerintah negara bagian memerintahkan penyelidikan atas kebocoran tersebut.

Maharashtra telah menjadi negara bagian yang paling parah terkena dampak pandemi di India di tengah lonjakan kasus baru-baru ini, yang jumlahnya mencapai seperempat lebih dari infeksi harian di India.

Kementerian Kesehatan India melaporkan 295.041 kasus COVID-19 baru pada hari Rabu dengan 2.023 kematian, sehingga total kematian menjadi 182.553. [my/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG