Tautan-tautan Akses

AS Akan Beri India Bantuan Komponen Vaksin, Alat Medis 


Seorang petugas kesehatan membawa seorang pasien COVID-19 di luar rumah sakit Guru Teg Bahadur, di New Delhi, India, Sabtu, 24 April 2021. (Foto: Adnan Abidi/Reuters)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan, Minggu (25/4), AS akan segera mengirim bahan baku untuk vaksin COVID-19, perlengkapan medis dan alat pelindung diri (APD) untuk membantu India merespons lonjakan tajam kasus infeksi virus corona.

"Seperti ketika India mengirim bantuan ke AS selagi rumah sakit kami kewalahan pada awal pandemi, kami bertekad membantu India ketika diperlukan," cuit Biden setelah Gedung Putih mengumumkan beberapa upaya seperti dilaporkan oleh Reuters.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Emily Horne mengatakan para pejabat AS "bekerja sepanjang hari" untuk mengirim sumber daya dan pasokan yang tersedia, untuk membantu India memproduksi vaksin Covishield dan merawat jutaan warga India yang sakit dan sekarat. AS juga akan mengirim obat terapeutik, alat tes cepat (rapid test) dan ventilator.

Washington semakin ditekan untuk membantu India, negara demokrasi terbesar di dunia, setelah Inggris, Prancis dan Jerman menjanjikan bantuan pada akhir pekan.

Perdana Menteri India Narendra Modi mendesak rakyat untuk divaksin dan waspada, sementara negara itu mencetak rekor baru infeksi COVID-19 terbanyak dalam sehari. [vm/lt]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG