Tautan-tautan Akses

Indonesia Kirim Pulang 547 Kontainer Sampah dari Barat


Petugas pabean dan kepolisian Indonesia berdiri di dekat kontainer yang penuh dengan sampah plastik di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Indonesia Rabu, 18 September 2019.

Indonesia akan mengirimkan kembali 547 kontainer sampah ke negara-negara Barat setelah mendapati sampah-sampah itu tercemar oleh plastik bekas dan bahan-bahan berbahaya.

Direktur Jenderal Bea Cukai Indonesia Heru Pambudi mengatakan sembilan kontainer berisi 135 ton sampah telah dikirimkan pulang ke Australia, Rabu (18/9).

Kontainer-kontainer itu termasuk di antara 156 kontainer yang tadinya ditahan di pelabuhan Tangerang dan akan segera dipulangkan kembali ke AS, Selandia Baru, Spanyol, Belgia dan Inggris.

Pambudi mengatakan, pemerintah telah menunda pemrosesan lebih dari 2.000 kontainer di beberapa pelabuhan sejak Juli. Sejauh ini, pemerintah telah mengirim pulang 331 di antara jumlah itu, sementara 216 lainnya akan menyusul.

Ia mengatakan, pemerintah masih akan memeriksa sisanya.

Langkah pemerintah ini diambil menyusul munculnya banyak kecaman terkait laporan-laporan bahwa Asia Tenggara merupakan lahan pembuangan sampah negara-negara maju. [ab/uh]

Lihat komentar (2)

Recommended

XS
SM
MD
LG