Tautan-tautan Akses

Indonesia Kembali Buka Batam dan Bintan Untuk Turis Singapura


Sebuah kapal terlihat di galangan kapal di barat laut Waterfront City di Batam, 26 Februari 2016. (Foto: REUTERS/Edgar Su)
Sebuah kapal terlihat di galangan kapal di barat laut Waterfront City di Batam, 26 Februari 2016. (Foto: REUTERS/Edgar Su)

Pemerintah kembali membuka dua pulau yang letaknya dekat dengan Singapura untuk turis dari negara tersebut pada Senin (24/1). Langkah tersebut merupakan langkah awal untuk memulai kembali sektor pariwisata Indonesia sambil mengendalikan penyebaran COVID-19.

Pihak berwenang mengatakan warga Singapura dapat mengunjungi Pulau Batam dan Bintan masing-masing sekitar 15 dan 30 km asalkan mereka telah divaksinasi, menjalani tes COVID-19 dan memiliki pertanggungan asuransi.

Kedua pulau itu adalah tempat liburan yang sangat populer di kalangan orang Singapura sebelum pandemi.

Langkah ini mengikuti pembukaan kembali Bali untuk turis asing pada bulan Oktober.

Tidak segera jelas bagaimana pengaturan itu akan diterapkan di kedua negara dan otoritas transportasi dan pariwisata Singapura tidak segera menanggapi pertanyaan Reuters.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto mengatakan proses itu bisa memakan waktu.

Indonesia pernah menjadi episentrum COVID-19 Asia dan kini kembali mengalami peningkatan infeksi, termasuk varian omicron, setelah berbulan-bulan mengalami penurunan. Pemerintah telah mengumumkan adanya dua kematian pertama terkait omicron pada Sabtu (22/1). [ah/rs]

Recommended

XS
SM
MD
LG