Tautan-tautan Akses

India, Pakistan Tembak Menembak di Kashmir


Seorang demonstran melemparkan batu ke tengah asap akibat tembakan gas air mata polisi India saat berunjuk rasa di Kashmir, Srinagar, 13 Januari 2018.

India dan Pakistan tembak-menembak hari Senin di daerah Kashmir yang disengketakan, menewaskan beberapa tentara di kedua pihak. Kedua pihak saling menuduh lainnya sebagai pihak yang memulai perselisihan, dan memberi angkanya sendiri untuk jumlah yang tewas.

India mengklaim pasukannya menewaskan tujuh tentara Pakistan, sementara satu tentara India tewas. Pakistan mengatakan empat tentaranya tewas akibat penembakan oleh India, sementara pasukannya menewaskan tiga orang dalam penembakan balasan.

India menuduh Pakistan mengirim militant ke seberang perbatasan untuk melakukan kegiatan teroris di wilayah India. Pakistan, di lain pihak, menuduh India melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang serius di bagian Kashmir yang dikuasai India, yang sudah lama menghadapi gerakan separatis.

Tembak-menembak di garis kekuasaan sepanjang 745 kilometer yang membagi dua Kashmir telah menjadi kejadian yang biasa dalam dua tahun terakhir. [gp]

XS
SM
MD
LG