Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Rangkul India untuk Tandingi China


Menteri Luar Negeri Rex Tillerson tiba untuk memberikan pemaparan mengenai Hubungan AS dan India untuk Abad Mendatang di Center for Strategic and International Studies di Washington, 18 Oktober 2017.

Menteri Luar Negeri Amerika, Rex Tillerson, memberikan pidato politik luar negeri yang langka tentang kebijakan pemerintahan Trump di Asia Selatan dengan merangkul India untuk menyaingi China di kawasan Indo-Pasifik.

Berbicara di auditorium Center For Strategic And International Studies yang dipenuhi undangan di Washington, dia mengemukakan harapan hubungan yang makin dekatantara Amerika dan India dalam 100 tahun ke depan.

“Presiden Trump dan Perdana Menteri Modi sudah bertekad, lebih dari pemimpin sebelumnya, untuk membangun kemitraan yang bermanfaat tidak saja bagi kedua negara demokrasi terbesar India dan Amerika, tetapi juga bagi negara berdaulat lain yang bekerja menuju perdamaian dan stabilitas yang lebih besar,” kata Tillerson.

Tillerson mengatakan, Amerika dan India ibarat tiang pendukung stabilitas di kedua sisi dunia karena kedua negara berkomitmen menjunjung tinggi aturan hukum, kebebasan bernavigasi, nilai-nilai universal dan perdagangan bebas. Dia menambahkan pemerintahan Trump siap untuk “semakin mempererat” cara-cara kedua negara bekerja sama. Tillerson mengatakan akan berkunjung ke New Delhi pekan depan. [al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG