Tautan-tautan Akses

India Isolasi Diri untuk Kendalikan Kasus Virus Corona


Seorang pria mengisi embernya dengan air di luar Biara Tantrik Gyuto yang ditutup selama sebulan di tengah ketakutan merebaknya virus corona di Dharamsala, India, 12 Maret 2020.

India menutup diri dari dunia luar dalam usaha mengendalikan penyebaran virus corona. Negara itu membatalkan hampir semua visa, izin masuk ke negara itu, selama sebulan kecuali untuk katagori tertentu.

Sejumlah halaman muka surat kabar di India menampilkan judul yang kira-kira artinya “India Mengkarantina Diri”, menyusul keputusan pemerintah untuk melarang masuk warga negara asing mulai Jumat.

Langkah drastis ini diambil pemerintah di tengah-tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa jika virus corona merebak cepat di India, akan sulit mengontrol penyebarannya di negara berpenduduk 1,3 miliar itu.

Sebagaimana dilaporkan banyak media, sistem kesehatan di kota-kota di negara itu selama ini tidak memadai. Di banyak daerah pedesaan, sistem itu bahkan tidak tersedia. Wabah virus corona akan sangat membebani sistem kesehatan di India.

"India memfokuskan diri pada pendekatan pencegahan,” kata Sanjeeva Kumar, pejabat di Kementerian Kesehatan India, kepada wartawan, Kamis (12/3). “Fokus utama kami adalah kita bersama mengambil langkah drastis sehingga tidak banyak orang yang akan menderita.”

Jumlah kasus virus corona di India yang telah dikukuhkan jauh lebih rendah dibanding negara-negara lain. Data terakhir menyebutkan, negara itu mencatat sedikitnya ada 73 kasus. Namun, angka itu meningkat dengan cepat, dan bahkan lebih dari dua kali lipat pada empat hari terakhir.

Yang lebih mencemaskan, kasus virus corona sudah tersebar di 12 negara bagian, dari utara hingga selatan. [ab/uh]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG