Tautan-tautan Akses

Pelaku Kudeta yang Gagal 2016 di Turki Dihukum Penjara Seumur Hidup


Polisi berjaga di pintu masuk gedung pengadilan saat persidangan 475 terdakwa, termasuk jenderal, dan pilot jet tempur, di Sincan, Ankara, Turki, Kamis, 26 November 2020.

Pengadilan Turki, Kamis (26/11), menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada lebih dari 300 anggota militer dan sipil yang telah diadili selama tiga tahun karena peran mereka dalam kudeta yang gagal terhadap pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Juli 2016.

Mereka termasuk di antara 475 orang yang diadili pada Agustus 2017 terkait kudeta yang gagal. Upaya kudeta itu menyebabkan lebih dari 250 orang tewas dan 2.000 luka-luka.

Insiden itu menyebabkan tindakan keras besar-besaran, 130 ribu pegawai pemerintah dipecat dari pekerjaan pemerintah. Jaksa penuntut menuduh para terdakwa dalam persidangan massal, termasuk beberapa jenderal dan pilot jet tempur yang memimpin kudeta dan mengebom gedung-gedung utama pemerintah, termasuk bagian dari parlemen Turki.

Para terdakwa juga dituduh bekerja atas perintah ulama Turki, Fethullah Gulen yang tinggal di AS, yang dituduh mendalangi tindakan itu. Ia membantah melakukan kesalahan.

Pengadilan memutuskan Gulen dan empat orang lainnya yang diinginkan oleh otoritas Turki harus diadili secara terpisah.

Tujuh puluh orang dibebaskan dalam kasus ini, sementara beberapa dijatuhi hukuman penjara antara enam sampai 16 tahun. [ps/pp]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG