Tautan-tautan Akses

HRW: Pasukan Nikaragua Bertanggung Jawab atas Pelanggaran HAM


Para demonstran anti pemerintah melakukan unjuk rasa menentang pemerintahan Presiden Daniel Ortega di Managua, Nikaragua (foto: dok).

Human Rights Watch mengatakan pasukan pro-pemerintah Nikaragua bertanggung jawab terhadap serangkaian pelanggaran pada pengunjuk rasa.

Dalam laporan yang dikeluarkan hari Rabu (19/6), kelompok HAM itu menuduh Kepolisian Nasional Nikaragua bersama pasukan pro-pemerintah telah membunuh 300 orang dan melukai 2.000 lainnya dalam aksi penumpasan demonstrasi pada Mei 2018.

Laporan itu mengatakan para demonstran yang ditangkap menjadi sasaran “sengatan listrik, pemukulan membabibuta, pencabutan kuku, pencekikan, dan perkosaan.” Lebih jauh laporan itu menuduh bahwa banyak tahanan yang tidak mendapat perawatan medis. Pasukan pemerintah bahkan melakukan balas dendam terhadap dokter-dokter yang berupaya merawat mereka yang ditangkap.

Laporan itu juga menuduh terjadinya pelanggaran dalam pengadilan. Menurut Human Rights Watch, para demonstran diadili “secara tertutup” dan tidak dapat berkomunikasi dengan tim kuasa hukumnya secara pribadi. (em/al)

Recommended

XS
SM
MD
LG