Tautan-tautan Akses

Parlemen Nikaragua Terima Tawaran Pinjaman $100 Juta dari Taiwan


Ketua Dewan Nasional, Gustavo Porras, berbicara dalam sebuah sidang parlemen terkait persetujuan pinjaman sebesar $100 juta dari Taiwan untuk dukungan anggaran, di gedung parlemen Nikaragua. Managua, 19 Februari 2019 (foto: Reuters/Oswaldo Rivas)

Parlemen Nikaragua hari Selasa menerima tawaran pinjaman 100 juta dolar dari Taiwan, sehingga mendukung pemerintahan Presiden Daniel Ortega yang bertambah terkucil karena melakukan penumpasan brutal terhadap demonstran tahun lalu.

Parlemen menyetujui pinjaman berjangka 20 tahun itu setelah presiden Amerika Trump menyatakan ‘sosialisme sedang mati’ di Nikaragua, Kuba dan Venezuela. Amerika mengadopsi UU tahun lalu membuat bertambah sulit bagi Nikaragua untuk mendapatkan pinjaman multilateral.

Amerika mengenakan sanksi terhadap pejabat-pejabat yang dekat dengan Ortega termasuk isterinya Wakil Presiden Rosario Murillo. Belanda dan Luksemburg menghentikan bantuan mereka kepada Nikaragua dengan alasan penumpasan yang dilakukan pemerintah sewaktu terjadi aksi protes. [al]

Recommended

XS
SM
MD
LG