Tautan-tautan Akses

Houthi Yaman Klaim Luncurkan Rudal dan Drone ke Israel


Para pejuang Houthi Yaman yang mengibarkan bendera Palestina, menembakkan granat anti-tank saat melakukan manuver militer di dekat Sanaa, Yaman, 30 Oktober 2023.
Para pejuang Houthi Yaman yang mengibarkan bendera Palestina, menembakkan granat anti-tank saat melakukan manuver militer di dekat Sanaa, Yaman, 30 Oktober 2023.

Kelompok Houthi di Yaman yang didukung Iran mengatakan telah meluncurkan “sejumlah besar” drone dan rudal balistik ke arah Israel pada hari Selasa (31/10), setelah militer Israel mengatakan mereka menembak jatuh “target udara” yang mendekati kota Eilat di Laut Merah.

Operasi yang dilakukan oleh Houthi tersebut adalah yang ketiga kalinya menyasar Israel dan akan terus dilakukan, kata juru bicara militer Houthi Yahya Saree dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

Saree mengatakan serangan itu akan terus berlanjut sampai “agresi Israel” berhenti, mengacu pada perang melawan Hamas di Jalur Gaza.

Setelah peringatan awal mengenai kemungkinan “intrusi pesawat musuh,” yang menyebabkan penduduk resor wisata Eilat berlarian mencari perlindungan pada Selasa pagi, militer Israel mengatakan “sistemnya mengidentifikasi target udara yang mendekati wilayah Israel.”

“Tidak ada ancaman atau risiko terhadap warga sipil,” dan tindakan defensif tersebut berhasil, tambahnya. Tidak ada laporan mengenai rudal atau drone yang menghantam wilayah Israel dari Laut Merah pada hari Selasa.

Pemimpin Houthi di Yaman, Abdel-Malek al-Houthi, mengatakan pada 10 Oktober bahwa jika AS melakukan intervensi langsung dalam konflik Gaza, kelompok tersebut akan merespons dengan menembakkan drone dan rudal, serta mengambil opsi militer lainnya. [lt/rd]

Forum

XS
SM
MD
LG