Tautan-tautan Akses

Hong Kong Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Penyakit Misterius


Tanda peringatan pencegarahan flu burung di stasiun kereta api Hong Kong pada tanggal 27 April 2009. (Foto: AFP)

Pihak berwenang Hong Kong mengaktifkan tingkat `respon serius` yang baru dibuat hari Sabtu (4/12). Kekhawatiran tentang penyakit menular misterius merebak di kota ini. Virus tersebut diperkirakan dibawa oleh pengunjung yang datang ke kota di China daratan itu.

Lima kemungkinan kasus terkait dengan virus pneumonia telah dilaporkan. Virus itu menulari setidaknya 44 orang di Wuhan, kota pedalaman di sebelah barat Shanghai. Kota tersebut terletak di sekitar 900 kilometer utara Hong Kong.

Wabah itu menghidupkan lagi ingatan tentang epidemi SARS yang terjadi pada tahun 2002-2003. Epidemi ini dimulai di China Selatan dan menewaskan lebih dari 700 orang di China, Hong Kong dan tempat lain.

Tingkat respon serius menunjukkan dampak moderat terhadap populasi Hong Kong. Ini adalah tingkat tertinggi kedua dalam sistem tiga tingkat yang merupakan bagian dari rencana baru respon pemerintah yang diluncurkan hari Sabtu untuk penyakit menular yang penyebabnya tidak diketahui.

Departemen Kesehatan kota itu menambahkan sistem pencitraan termal di Bandara Hong Kong, Jumat (3/12) untuk memeriksa suhu tubuh penumpang yang datang. Lebih banyak staf yang ditugaskan untuk memeriksa suhu tubuh penumpang di stasiun kereta berkecepatan tinggi yang menghubungkan Hong Kong dengan China daratan. [ka/ah]

XS
SM
MD
LG