Tautan-tautan Akses

Helikopter Selamatkan Penumpang Kapal Pesiar Norwegia


Para penumpang melindungi diri dari atap yang roboh di kapal pesiar Viking Sky saat kapal itu mengalami kerusakan mesin di dekat Hustadvika, Norwegia, 23 Maret 2019, in this still image obtained from a social media video.

Petugas penyelamat di lepas pantai barat Norwegia bergegas mengevakuasi 1.300 penumpang dan awak dari kapal pesiar yang tidak berfungsi menggunakan helikopter pada Sabtu (23/3).

Helikopter membawa mereka satu per satu ke tempat yang aman ketika ombak tinggi menghempas kapal dari satu sisi ke sisi lain dan angin kencang menghambat operasi itu.

Surat kabar Norwegia VG mengatakan kapal pesiar Viking Sky mengeluarkan panggilan bantuan darurat karena cuaca buruk melanda Sabtu dan masalah mesin menyebabkan kapal itu mengarah menuju pantai berbatu. Polisi di county Moere og Romsdal mengatakan, para kru yang khawatir kapal akan kandas, berhasil berlabuh di Teluk Hustadsvika, antara Kota Norwegia Alesund dan Trondheim, sehingga evakuasi bisa dilakukan.

Kapal pesiar Viking Sky terbawa arus laut ke daratan setelah mengalami kerusakan mesin di Hustadvika, Norwegia, 23 Maret 2019.
Kapal pesiar Viking Sky terbawa arus laut ke daratan setelah mengalami kerusakan mesin di Hustadvika, Norwegia, 23 Maret 2019.

Tim penyelamat dengan helikopter dan kapal dikirim untuk mengevakuasi kapal pesiar itu yang dalam situasi sangat sulit. Media Norwegia melaporkan hembusan hingga 38 knot (43 mil per jam) dan gelombang lebih dari 8 meter di daerah yang dikenal karena perairannya yang dingin dan membeku itu.

Video dan foto-foto dari orang-orang di kapal menunjukkan kapal itu oleng dengan kursi dan perabotan lainnya terguling dari satu sisi ke sisi lainnya. Penumpang mengenakan jaket penyelamat berwarna oranye tetapi ombak memecah beberapa jendela kapal dan air dingin mengalir mencapai kaki sebagian penumpang. [my]

XS
SM
MD
LG