Tautan-tautan Akses

AS

Hasil Awal ‘Super Tuesday': Biden Unggul di 3 Negara Bagian, Sanders 1


Senator Bernie Sanders tiba bersama istrinya, Jane, dalam pemilihan calon presiden dari Partai Demokrat atau Super Tuesday di Essex Junction, Vermont, 3 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Mantan wakil presiden Joe Biden memenangkan suara di tiga negara bagian, yaitu Virginia, North Carolina, dan Alabama, dalam hasil pertama dari kontestasi pencalonan presiden Demokrat pada Selasa (3/3).

Sedangkan Bernie Sanders merebut suara di negara bagian asalnya, Vermont dalam pemilihan yang berlangsung di 14 negara bagian, yang disebut Super Tuesday.

Kemenangan, Biden yang diperkirakan oleh jaringan televisi kabel ketika pemilihan ditutup sore hari, adalah yang ketiga dan keempat dalam empat hari, setelah kemenangan yang menggembirakan di Carolina Selatan, pada Sabtu (29/2). Biden mampu unggul di California Selatan karena dukungan kuat dari pemilih Amerika keturunan Afrika.

Sanders, yang menyatakan dirinya seorang sosialis demokratik secara luas diperkirakan akan memenangi negara bagian kecilnya di Timur Laut.

Hasil jajak pendapat CNN menunjukkan sebanyak 43 persen pemilih kulit hitam di Virginia mendukung Biden, dibandingkan dengan hanya 18 persen untuk Sanders dan 10 persen untuk mantan wali kotaNew York Michael Bloomberg, menurut jajak angka dari CNN.

Menjawab pertanyaan tentang kandidat mana yang paling siap untuk mengalahkan Presiden Republik Donald Trump dalam pemilihan nasional November, sebanyak 58 persen memilih Biden, dibandingkan dengan 19 persen untuk Sanders dan 11 persen untuk Bloomberg.[ps/ft]

XS
SM
MD
LG