Tautan-tautan Akses

AS

Hakim AS Perketat Penahanan Miliarder China Dalam Kasus Penyuapan


Ng Lap Seng (tengah), meninggalkan pengadilan federal di Manhattan, 27 Juli 2017. (Foto:dok)

Hakim Federal di New York telah memperketat persyaratan penahanan rumah bagi seorang miliarder China yang dinyatakan bersalah karena menyuap para diplomat PBB.

Hakim itu memerintahkan Ng Lap Seng agar tetap berada di dalam apartemen mewah di Manhattan yang dijaga ketat 24 jam setiap harinya, yang berarti Ng tidak lagi dapat keluar makan siang di sebuah restoran China.

Hakim juga memerintahkan supaya pintu kamar tidurnya tetap terbuka ketika terapis pijatnya mengunjunginya. Terapis itu juga tidak boleh memasak makanan dan menyajikannya kepada para pengawal.

Pengadilan harus menyetujui semua kunjungan dari tamu yang bukan anggota keluarga ke apartemen dan seorang penterjemah harus memonitor semua percakapan.

Para jaksa telah menyatakan bahwa Ng berisiko akan melarikan diri dan dapat berusaha kembali ke China sebelum dia dapat dijatuhi hukuman. Tetapi hakim menolak tuntutan mereka untuk menempatkan Ng dalam penjara.

Ng dinyatakan bersalah pekan lalu karena menyuap para diplomat PBB lebih dari $1 juta untuk mendapatkan persetujuan mereka bagi pembangunan pusat konferensi PBB yang akan dibangunnya di Macau. Dia tampaknya berharap pembangunan pusat itu akan memicu kepada lebih banyak pembangunan, termasuk hotel-hotel dan pusat-pusat perbelanjaan. (sp/ii)

XS
SM
MD
LG