Tautan-tautan Akses

Rusia: Konflik di Ukraina Berakhir dalam 2 Minggu Jika Barat Hentikan Bantuan


FILE - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova dalam konferensi pers di Moskow, Rusia, Kamis, 18 Januari 2024. (AP/Alexander Zemlianichenko)
FILE - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova dalam konferensi pers di Moskow, Rusia, Kamis, 18 Januari 2024. (AP/Alexander Zemlianichenko)

Rusia, Rabu (8/5) mengatakan konflik di Ukraina akan berakhir hanya dalam waktu dua minggu jika Barat menghentikan pasokan bantuan militer ke Ukraina. Hal ini disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, yang menggemakan pernyataan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell sebelumnya.

Borrell pada awal bulan ini mengatakan keberadaan Ukraina tergantung pada Barat dan perang di negara itu akan selesai dalam beberapa minggu jika pasokan persenjataan Barat diakhiri. Borrell menambahkan bahwa ia tidak ingin perang berakhir seperti itu.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang bagaimana meredam konfrontasi antara Rusia dan Barat, Zakharova mengatakan Barat telah meningkatkan retorika tentang Rusia.

"Semua perundingan, formula perdamaian semu ala Zelenskyy, semua gagal. Apa yang harus dilakukan? Barat meningkatkan retorika tentang Rusia, padahal negara-negara Barat sendiri sekarang menghadapi isu ekonomi yang mengerikan. Dan apa yang dibutuhkan untuk deeskalasi, Borrell mengatakan jika Anda berhenti memasok senjata ke Kiev, semuanya akan berakhir dalam dua minggu. Dan inilah rumus deeskalasi," katanya. [em/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG