Tautan-tautan Akses

Hadiri Pameran Perdagangan Makanan, Presiden Prancis Macron Dilempar Telur


Presiden Prancis Emmanuel Macron saat konferensi di Istana Elysee di Paris, 18 Mei 2020. (Foto: AFP)

Seorang pemuda, Senin (28/9), melempar telur ke bahu Presiden Prancis Emmanuel Macron saat berkunjung ke pameran perdagangan makanan internasional di Lyon, Prancis.

The Associated Press melaporkan sebuah video dari insiden itu, yang dibagikan secara luas di media sosial, menunjukkan Macron berjalan melewati kerumunan ketika sebutir telur mendarat di bahunya, meski tidak pecah. Dua pengawal terlihat segera mendekati presiden dan seorang pria dibawa pergi dari tempat kejadian oleh pengawal lainnya.

Para jurnalis mendengar Macron berkata, "Jika dia memiliki sesuatu untuk dikatakan kepada saya, maka dia bisa datang."

Jaksa Lyon mengatakan, pelajar berusia 19 tahun yang melempar telur itu langsung ditahan polisi.

Pada Juni, Macron ditampar wajahnya oleh seorang pria saat dia menyapa publik di sebuah kota kecil di tenggara Prancis. Dia kemudian menyebut tindakan tersebut sebagai "kekerasan" dan "kebodohan." Tamparan itu memicu munculnya dukungan yang luas untuk kepala negara Prancis tersebut dari para politisi dengan berbagai latar belakang ideologi.

Macron, seperti para pendahulunya, senang menghabiskan waktu bertemu dengan publik. Aktivitas yang dikenal dengan istilah "crowd baths" atau "mandi bersama pengunjung" dalam bahasa Prancis itu telah lama menjadi bagian dari kegiatan pokok dalam perpolitikan Prancis. [ah/rs]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG