Tautan-tautan Akses

Antisipasi Kebakaran, California Pertimbangkan Pemadaman Listrik Bergilir


Pemadaman listrik di desa Montclair, Oakland, California, 10 Oktober 2019. (Foto: dok)
Pemadaman listrik di desa Montclair, Oakland, California, 10 Oktober 2019. (Foto: dok)

Perusahan-perusahaan listrik di California sedang bersiap untuk melakukan lagi pemadaman bergilir di seluruh negara bagian minggu ini untuk mencegah kebakaran hutan yang dahsyat.

Perusahaan listrik Southern California Edison memperingatkan bahwa mereka mungkin akan mematikan listrik untuk lebih dari 300.000 pelanggan di wilayah tersebut, sementara San Diego Gas & Electric mengatakan akan memberlakukan pemadaman untuk sedikitnya 20.000 pelanggan. Pacific Gas & Electric, yang menyediakan listrik ke California utara, mulai melakukan pemadaman hari Rabu untuk hampir 180.000 pelanggan di 15 negara bagian.

Para peramal cuaca mengatakan California akan dilanda angin kencang dengan kecepatan embusan hingga 97 kilometer per jam, yang dapat mematahkan cabang-cabang pohon kering, sehingga menjadi saluran listrik aktif dan memicu kebakaran hutan.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran menghadapi kebakaran besar seluas 2.800 hektar pada Kamis pagi di dekat kota Geyserville, California utara, wilayah penghasil anggur yang terkenal di negara bagian itu. Insiden itu telah mendorong pemerintah untuk mengeluarkan evakuasi wajib. [lt/uh]

XS
SM
MD
LG