Tautan-tautan Akses

AS

Gubernur Illinois Perintahkan Warga Tinggal di Rumah


Jalan bebas hambatan dan pusat kota Los Angeles sehari setelah California mengeluarkan imbauan tinggal di rumah karena virus corona, 20 Maret 2020. (Foto: Reuters/Lucy Nicholson)

Gubernur negara bagian Illinois, AS, hari Jumat (20/3), memerintahkan semua warganya untuk tetap tinggal di rumah mereka kecuali untuk hal-hal penting. Langkah tersebut dilakukan menyusul upaya dramatis California dan New York untuk membatasi penyebaran virus corona.

Perintah Gubernur J.B. Pritzker mulai berlaku pada hari Sabtu (21/3) pukul 5 sore waktu setempat dan akan berakhir 7 April. Namun ia masih mengizinkan 12,6 juta penduduknya untuk pergi ke luar rumah membeli bahan makanan dan obat-obatan.

"Jika ada tindakan yang bisa saya ambil yang akan menyelamatkan nyawa di tengah pandemi ini, tidak peduli betapa sulitnya, maka merupakan kewajiban saya," kata Pritzker sebagaimana dilaporkan Associated Press.

Gubernur dari Partai Demokrat itu mengatakan berusaha mencegah "kemungkinan puluhan ribu" kematian tetapi mendesak warga agar tidak panik.

Pritzker mengakui negara bagian itu tidak memiliki sumber daya atau "keinginan" untuk menegakkan perintah yang membatasi tindakan perorangan tetapi mengatakan penegak hukum jika perlu akan mengambil tindakan.

Perintah tinggal di rumah itu juga berarti sekolah di seluruh negara bagian itu tetap ditutup sampai 8 April. [my/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG