Tautan-tautan Akses

Optimis Rencana Atasi Corona, Indeks Saham AS Naik


Pasar saham AS, Jumat (20/3) dibuka dengan kenaikan karena optimisme investor terhadap kebijakan menghadapi pandemi corona. (Foto: ilustrasi).

Pasar saham AS, Jumat (20/3) dibuka dengan kenaikan karena optimisme investor bahwa langkah-langkah yang diambil di AS dan tempat-tempat lain akan menstimulir ekonomi dunia yang melemah karena pandemi virus corona.

Indeks Rata-rata Saham Industri Dow Jones dibuka dengan kenaikan 0,83 persen, sedangkan S&P500 naik sekitar 0,94 persen. Indeks Komposit Nasdaq naik 1,3 persen pada pembukaan perdagangan hari ini.

AS dan negara-negara lain mengeluarkan paket-paket stimulus ekonomi untuk meredakan kekhawatiran investor dan untuk membantu mencegah resesi global yang diprediksi sebagian ekonom.

Fraksi Republik di Senat AS mengusulkan paket stimulus ekonomi 1 triliun dolar pada hari Kamis, satu hari setelah Bank Sentral Eropa meluncurkan program pembelian obligasi senilai 819 miliar dolar untuk melindungi ekonomi zona euro dari dampak COVID-19.

Pasar Asia dan Eropa ditutup dengan kenaikan pada hari terakhir perdagangan pekan ini. Akan tetapi kenaikan itu belum dapat mengganti penurunan besar-besaran sepanjang beberapa pekan ini. [uh/ab]

Lihat komentar (8)

Recommended

XS
SM
MD
LG